10 Tips Membangun Blog Bisnis Menuju Sukses

Tips Membuat blog menjadi sukses

Syartupas.com - Dizaman milenial seperti sekarang ini untuk membangun sebuah bisnis kita tentunya tidak boleh ketinggalan dengan trend masa kini yang sudah menggunakan berbagai alat digital untuk menunjang keberhasilan bisnis. 

Pemasaran online tentunya membutuhkan sebuah konten yang menarik agar bisa mendapatkan customer. Tentunya konten yang tadi saya sebutkan bisa bertipekan artikel atau vidio yang menyediakan informasi atau hiburan.

Memang sangat sulit untuk seseorang yang baru terjun membuat konten di internet tetapi jangan patah semangat karena dengan kerja keras tentunya itu tidak akan sia - sia.

Di artikel kali ini saya akan memberikan tips untuk kalian yang ingin membangun bisnis dengan alat pemasaran sebuah konten.

Apa itu Konten ?

Konten adalah suatu informasi yang kita sampaikan melalui tulisan atau vidio. Konten dapat ditampilkan ke publik dengan media elektronik, sosial media, koran, dan lain - lain yang berhubungan dengan media informasi.

Konten yang kita sampaikan tidak hanya berjenis berita atau ulasan edukasi pendidikan, kalian juga bisa memberikan konten hiburan pada publik.

Konten hiburan akan lebih banyak digemari oleh para kaum - kaum muda sehingga kalian bisa memasarkan atau mempromosikan sesuatu dengan target untuk para anak muda mudi.

Selain itu jika kalian tidak memiliki produk yang kalian ingin promosikan kalian bisa memonetisasi konten kalian dengan jaringan iklan seperti halnya di blogger dan di youtube.

Ada banyak platform yang menampung konten kalian sehingga bisa dimonetisasi menjadi ide bisnis digital yang realistis.

Kalian juga bisa menjadi Konten Kreator Professional menjadi professi utama kalian. Sangat banyak manfaat dari sebuah konten yang kalian buat dan menjadi investasi digital dengan karya.

Tips Agar Blog Anda Sukses

Ada beberapa tips yang dapat kalian realisasikan pada blog kalian untuk menunjang keberhasilan. Untuk membagun sebuah blog, berikut yang harus kalian lakukan agar menjadi konten kreator professional. Berikut adalah tips blog anda menjadi sukses :

Membuat Konten Secara Konsisten

Dalam algoritma mesin penelusuran, dengan rajinnya kita memposting sebuah konten artikel maupun vidio itu akan sangat berdampak bagi kesuksesan pada platform yang kita sedang tekuni untuk membuat dan memposting sebuah konten tersebut.

Maka tidak heran para blogger maupun konten kreator akan sangat professional dalam membuat sebuah konten. Memang tidak ada aturan untuk kalian membuat konten atau mempostingnya setiap hari maupun seminggu sekali bahkan mungkin sebulan sekali.

Dalam sebuah bisnis tentunya kalian harus membangun customer base untuk meningkatkan penjualan dan rasa percaya pada produk yang kita tawarkan, nah itu tidak jauh berbeda dengan konten kreator.

Konten kreator harus membangun pengikut, untuk itu kalian harus menjadwalkan kapan konten kalian dipublikasikan. Dengan menjadwalkan kapan konten tersebut dipublikasikan para pengikut akan mengetahui kapan konten baru akan tersedia dan itu akan membuat pengikut kembali membaca atau melihat konten baru yang mereka tunggu - tunggu.

Memberikan Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Untuk mendapatkan pengikut yang setia kalian perlu membuat sebuah konten yang menarik dan bermanfaat. Semakin banyaknya informasi yang menarik dan bermanfaat yang mereka dapatkan, akan semakin banyak yang tertarik pada konten yang kalian buat bahkan kalian akan mendapatkan pembaca tetap pada blog kalian.

Untuk menjadikan konten kalian menarik kalian perlu mengembangkan apa yang menjadi karakter atau cirikhas kalian, sehingga konten yang kalian publikasikan berbeda dengan konten - konten umum lainya.

Berikan niche atau sesuatu yang berfokus pada keahlian kalian itu akan menjadi sebuah karakter pada diri kalian. Berikan konten dengan informasi yang relevan, berguna, dan berharga. Sehingga konten yang kalian publikasikan bisa menjadi pengetahuan baru bagi pembaca dan bisa direalisasikan secara nyata.

Memiliki Niche Blog atau Topik yang Searah

Untuk mendapatkan pembaca tetap tentunya kalian harus menentukan topik pembahasan pada konten artikel yang searah atau berfokus pada topik tersebut. Contoh; jika kalian ingin membahas seputar pendidikan tentunya kalian harus membuat konten yang bergendre pendidikan. Sehingga tidak tercampur dengan konten selain pendidikan tersebut.

Jika kalian ingin memiliki niche baru atau topik baru alangkah baiknya kalian membuat blog baru lagi yang membahas topik baru tersebut. Kalian bisa membuat Subdomain pada domain blog kalian dengan topik baru. 

Sehingga tidak membuat karakter pada blog kalian hilang sehingga para pembaca tetap akan tertarik pada topik baru yang sudah kalian buat.

Membuat Momentum Perkembangan

Untuk memposting dan membuat artikel kalian perlu rajin karena akan berdampak baik bagi blog. Yang dimaksud dari konsisten disini adalah kalian memberikan waktu dan momentum kalian untuk menarik pembaca dan menciptakan pengikut.

Artinya kalian harus bersabar melewati perkembangan yang lambat pada blog kalian dan jika kalian membuat sebuah artikel lebih dari lima disarankan untuk menjadwalnya setiap hari.

Karena yang dibutuhkan oleh konten kreator adalah menjaga momentum sehingga perkembangan pada blog akan terus berlanjut. Beda halnya jika kalian membuat artikel atau konten sekaligus banyak dan hanya mempublikasikannya semau kalian tanpa ada momentum untuk perkembangan berjangka panjang. Tentunya hal tersebut akan membuat statistik perkembangan akan tidak terlihat sama sekali.

Bagikan Konten Kalian

Biasanya dalam pertama kali kalian membuat konten itu akan sepi dan tidak ada pembaca pada blog kalian. Agar lebih banyak orang yang mengetahui konten kalian kalian perlu sedikit mempromosikan artikel kalian.

Dorong orang dengan mencantumkan situs kalian di media sosial itu akan berdampak baik bagi blog kalian lebih dikenal oleh publik.

Meminta Tanggapan di Komentar

Agar dapat melihat kekurangan pada konten kalian, kalian perlu pendapat para pembaca tentang artikel kalian. Jika Konten artikel kalian kurang bagus menurut pembaca alangkah baiknya kalian harus memperbaiki tulisan kalian agar dapat memberikat informasi yang berharga dan lebih relevan.

Untuk mengajak pembaca agar mempertimbangkan dan berbagi pendapat itu akan membuat kalian sebagai penulis memiliki ide dan pengetahuan baru untuk ditulis di konten blog kalian.

Utarakan Sudut Pandang Sendiri

Kadang kita harus membuat artikel sedikit kontroversial sehingga menarik pembaca mengomentari artikel kalian dengan pendapat - pendapatnya masing - masing itu akan membuat blog menjadi hidup dan menaikan rank pada penelusuran.

Dan jangan takut untuk mengutarakan pendapat kalian, jika yang kalian utarakan dalam tulisan tersebut adalah gagasan baru yang tidak merugikan orang tentunya akan menjadi hal positif.

Bahkan gagasan baru tersebut akan menjadi dorongan dan informasi yang baru bagi pembaca sehingga mendapatkan lebih banyak ilmu dari artikel tersebut.

Artikel dengan Format Mudah Dibaca

Kalian harus membuat artikel mudah dibaca dalam artian kalian harus menggunakan penulisan yang benar. Penulisan yang benar dengan menempatkan titik, koma, dan tanda baca lainnya.

Untuk bisa merealisasikan hal tersebut kalian harus memperdalam penulisan yang benar dalam bahasa indonesia yang banyak menggunakan kata penyambung dan praa yang benar.

Buat Widget RSS untuk Berlangganan

Agar artikel baru kalian dapat diketahui oleh peminat artikel kalian, kalian perlu menambahkan widget untuk berlangganan. Hal ini mempermudah mengetahui semua postingan baru kalian kepada pengikut pada situs blog kalian.

Kalian hanya perlu membuat RSS agar setiap postingan baru kalian akan ternotifikasi di email pengikut kalian.

Tambahkan Tumbnail

Agar artikel kalian semakin menarik kalian harus membumbui artikel kalian dengan gambar yang terkait dengan judul postingan kalian.

Hal ini akan menambah Kejelasan pada artikel kalian, dan lakukan yang sama pada setiap subjudul yang menurut kalian penting untuk di tambahkan gambar.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah kita harus memaksimalkan kinerja kita dalam membuat atau membangun sebuah blog. Berusaha agar blog kita menjadi blog yang bermanfaat dan memiliki kualitas yang layak untuk dibaca orang.

Berusaha membuat momentum dan bekerja seprofesional mungkin agar menjadikan statistik pada blog kita naik secara perlahan. Butuh proses agar blog kita menjadi blog yang dikenal dan memiliki kualitas yang di percaya oleh pembaca.

Terus lakukan yang terbaik dan merealisasikan tips yang sudah saya berikan dan utarakan di artikel ini. Saya harap artikel saya dapat menjadi referensi yang membantu para konten kreator pemula.

Jangan lupa juga kunjungi blog seputar anime dan sinopsis film kami, dan terimakasih telah membaca artikel kami.