Hal Yang Mempengaruhi Tarif CPM Pada Monetisasi

Tarif CPM pada Monetisati

Syartupas.com - Berbicara tentang CPM tentunya kita berbicara tentang seputar monetisasi. Terkadang kita bingung dengan banyaknya jaringan monetisasi yang menawarkan CPM tertinggi. Sehingga kita akan dibuat terlena dengan ajakan jaringan tersebut untuk mendorong agar kita bergabung dan beraffiliasi.

Hal penting juga untuk kalian ketahui tentang bagaimana CPM monetisasi bekerja dan kalian tidak akan tertipu dengan jaringan network yang membuat slogan CPM tertinggi.

Bahkan menurut pengalaman saya CPM disesuaikan dengan konten yang kalian buat sehinga menghasilkan target iklan yang sesuai dengan kata kunci yang memiliki CPM tinggi.

Di artikel kali ini saya akan membahas sidikit tentang ulasan mengenai; apa itu CPM, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja faktor yang mempengaruhi pada  tarif CPM.

Apa Itu CPM ?

CPM adalah kepanjangan dari cost per mile dimana CPM ini adalah sebutan untuk alat pengukuran statistik pendapatan. Berbeda dengan CPA, CPS, dan CPC pengukuran CPM akan dihitung berdasarkan banyaknya lalu lintas pengunjung pada situs yang menghasilkan impresi iklan kalian. 

CPM ini dihitung dengan jumlah perseribu /1000 lalu lintas pengunjung atau impresi pada iklan.Tidak hanya di situs monetisasi sistem CPM ini juga sering digunakan oleh iklan pada radio, televisi, koran, majalah dan iklan daring.

Dapat kita simpulkan bahwa kalian akan mendapatkan 5$ jika kalian mendapatkan 1000 penayangan iklan dengan syarat CPM kalian memiliki 5$ CPM.

Faktor - Faktor Mempengaruhi CPM

Hal penting yang harus kalian cermati bahwa setiap CPM akan berbeda sesuai iklan yang di tampilkan. Kalian dapat memperkirakan tarif CPM melalui situs kalian.

Dibawah ini beberapa faktor yang mempengaruhi cpm:

Jenis Situs

Jenis situs adalah salah satu faktor mempengaruhi berapa besarnya tarif cpm pada situs kalian. Ada beberapa situs misalnya situs streaming, forum, dan konten artikel.

Itu adalah faktor yang mempengaruhi pada cpm dan penghasilan atau tarif cpm tergantung pada jaringan iklan yang kalian gunakan untuk memonetisasi.

Pengunjung Situs

Salah satu faktor yang paling dominan adalah dari faktor geo pengunjung darimana asal daripada pengunjung tersebut.

Dalam hal ini tentunya pengunjung dengan negara - negara besar dan maju yang akan mendapatkan kualitas CPM yang tinggi seperti negara Amerika, Europa, Jepang, dan negara - negara yang memiliki tingkat kemajuan tinggi.

Niche Situs

Niche situs adalah situs yang memiliki konten dengan keberfokusan terhadap artikelnya. Contoh jika kalian memiliki situs tentang kesehatan maka artikel yang kalian fokuskan di dalamnya adalah kesehatan dan tidak di campur - campur dengan artikel di luar kesehatan.

Hal ini akan mempengaruhi CPM dan akan berbeda jika situs kalian memiliki konten artikel yang umum atau bercampur.

Ref Lalu Lintas Pengunjung

Ref atau darimana datangnya lalu lintas pengunjung situs kalian. Lalu lintas pengunjung adalah hal penting yang harus diperhatikan terlebih lagi faktor ini akan membuat situs kalian terlihat berkualitas atau tidak.

Jika lalu lintas pengunjung pada situs web kalian lebih banyak menggunakan seo dan dari mesin pencari maka CPM yang akan kalian dapatkan lebih besar dari pada situs yang memiliki lalu lintas pengunjung dari forum atau media sosial.

Jumlah Halaman Pada Web

Untuk memperoleh sebuah CPM besar tentunya kita harus menyediakan halaman - halaman pada situs yang dapat menambah lalu lintas page view pada pengunjung.

Hal ini kalian akan mendapatkan impresi iklan yang lebih banyak karena pengunjung akan penasaran pada website atau situs kita.

Jika kalian mempunyai situs blog tentunya kalian harus memiliki artikel yang cukup banyak untuk membuat pengalaman pengunjung lebih banyak dan rasa pengunjung situs kalian semakin betah berada dalam situs kalian.

Perkiraan Tarif CPM

Sebagai referensi berikut adalah tarif CPM berdasarkan statistik perkiraan :

  • Dari statistik sebagian besar situs yang memiliki lalu lintas internasional memiliki CPM hingga kurang dari $ 0,50.
  • Situs atau web yang menggunakan format iklan banner memiliki BPS hingga Kurang lebih $ 1.
  • Situs blog atau referensi yang memiliki niche memungkinkan akan mendapatkan CPM lebih dari $ 5 atau bahkan terkadang akan lebih tinggi atau lebih rendah karena menyesuaikan niche dari pada niche situs tersebut.
  • Situs yang memiliki kategori sosial yang tidak memiliki sistem penjualan pada iklan langsung akan mendapatkan CPM hingga kurang dari $ 0,25.
Pada referensi di atas adalah sebagian dari statistik yang saya teliti sendiri, karena saya memakai tiga jaringan affiliasi untuk menbandingkan berapa tarif masing masing CPM.

Kesimpulan Pada Pengaruh Tarif CPM

Dalam kesimpulan yang kita dapatkan dari referensi di atas ini menunjukan bahwa cpm setiap web atau situs akan memiliki pebedaan dari faktor - faktor yang saya sebutkan tadi di atas.

Dengan begitu kalian hanya perlu memikirkan dan membuat situs apa yang memiliki keuntungan paling besar. Dan kalian juga bisa menargetkan lalu lintas kalian sesuai dengan negara - negara yang memiliki CPM paling besar.

Selain dari CPM menurut saya kalian harus coba juga iklan - iklan monetisasi yang memiliki sistem seperti CPC, CPA, CPS, dan CPL.