Bagaimana Algoritma Youtube Bekerja dan Alasan Vidio Youtube Kalian Tidak Ada View

Bagaimana Algoritma Youtube Bekerja dan Alasan Vidio Youtube Kalian Tidak Ada View

Syartupas.com - Mungkin sebagian orang menganggap bahwa algoritma pada youtube atau mesin pencari itu sangat rahasia dan hanya Platform itu sendiri yang tahu itu dan menjadi sebuah misteri yang menghantui para konten kreator.

Mereka yang mengatur semua jumlah penayangan pada konten kita dan hal tersebut mungkin di luar kendali para konten kreator.

Dan mungkin para konten kreator banyak yang menganggap bahwa sangat sulit untuk menembus algoritma pada youtube atau mesin pencari.

Penelitian Algoritma

Pada hal ini ada seorang insinyur dari google yang meneliti sebuah algoritma youtube pada tahun 2016. Mereka para insinyur membuat strategi dan ide untuk menciptakan bagaimana algoritma ini akan berjalan. Dengan skema yang memang rumit mereka membuat sebuah gagasan yang bagus tentang bagaimana vidio itu akan muncul dengan relevan di branda para penonton.

Itu terbukti bahwa menurut Officer youtube bahwa kurang lebih dari 70% penayangan youtube dapat melalui mesin rekomendasi.

Dalam hal ini tentunya youtube merelevansikan suatu vidio dengan saran yang kalian berikan pada youtube. Selain itu faktor yang mempengaruhinya adalah bagaimana kalian mendapatkan view dari lebih banyak lalu lintas seperti penelusuran youtube, pelanggan, dan juga media sosial lainya.

Jika kalian ingin selalu mendapatkan penonton dalam jangka yang cukup panjang tentunya kalian harus mengetahui bagaimana algoritma youtube ini bekerja.

Dalam artikel kali ini adalah sebuah riset dari sebuah algoritma yang terdapat di youtube, algoritma tersebut bisa saja berubah seiring berjalannya waktu dan kebijakan Platform Youtube dari waktu kewaktu.

Cara Kerja Algoritma

Di artikel penelitian insinyur google, mereka telah mendapatkan hasil dari pemecah penelitian tersebut. yang mereka gunakan untuk sebuah page rank atau ranking pada konten yang tertayang di rekomendasi. Apa sajakah Faktor - Faktor naiknya Algoritma tersebut:

Rasio Klik Tayang

Dalam hal ini tentunya rasio klik tayang juga mempengaruhi pada algoritma di youtube. Dengan banyaknya klik pada vidio kalian yang di tampilkan oleh google akan menaikan sebuah ranking penelusuran dan juga rekomendasi pada youtube.

Menaikan rasio klik dengan Tumbnail Klik Bait

Dengan Konten yang unik tentunya akan membantu kalian untuk mendapatkan klik dari penonton. Untuk menunjang konten unik kalian kalian tentunya harus membuat sebuat klik bait dimana klik bait tersebut berbentuk gambar untuk sebuah vidio kalian.

Dengan tumbnail yang sedikit membuat penasaran para penonton tentunya hal itu akan membuat penonton mengkliknya dan menontonnya. Jika dalam vidio tersebut memang unik dan relevan dengan klik bait tumbnail yang kalian buat akan membuat penonton menontonya sampai selesai.

Jam Waktu Tonton Publik

Dalam hal ini tentunya waktu tonton publik adalah sebagai aturan atau syarat penting untuk dapat memonetisasi konten youtube kalian. Waktu tonton dari gabungan sebuah vidio adalah faktor penting juga bagi hasil algoritma yang dijalankan oleh youtube untuk menayangkan vidio kalian di rekomendasi.

Dengan waktu tonton yang cukup banyak itu sudah menandakan bahwa channel kalian adalah channel yang unik dan memiliki kualitas yang cukup baik. Untuk mendapatkan waktu tonton yang cukup banyak tentunya kalian harus mengikuti arus algoritma youtube dengan relevansi pada hal yang banyak dicari oleh penonton.

Jumlah Vidio yang Ditonton Subscriber

Untuk mendapatkan hasil yang ideal tentunya jumlah vidio yang ditonton oleh para subscriber juga sebagai penentu naik nya rank dalam algoritma. Itu dapat menunjukan bahwa channel kalian memiliki pengguna aktif yang dapat menjadi penentu sebrepa menarikkah konten yang kalian buat pada saluran kalian.

Mungkin ada sebagian channel yang memiliki view dari penelusuran atau branda tetapi untuk membuktikan bahwa pengguna saluran kalian adalah subscriber aktif hal ini tentnya menjadi bukti dalam hal tersebut.

Jumlah Penonton Vidio sesuai Topik

Mungkin diantara kalian ada salah satu vidio yang lebih banyak menadapatkan view dari vidio lain. Dengan dari salah satu vidio yang unggul tadi akan menjadikan vidio tersebut naik pada algoritma dan vidio yang lain dengan topik yang sama akan memungkinkan tampil di rekomendasi para penonton.

Hal ini membuktikan bahwa kalian harus memiliki saluran atau channel yang memiliki satu topik agar mendapatkan kenaikan pada algoritma dan menentukan berapa jumlah tayang pada rekomendasi youtube.

Dari Hasil Penelusuran

Dari hasil penulusuran sebelumnya akan menjadi faktor lagi dan menjadikan vidio anda relevan dengan hasil penelusuran penonton tersebut. Semakin banyak orang yang mengklik dengan penulusuran yang sama atau satu topik ini akan menentukan bahawa ternyata vidio anda memiliki relevanitas pada Keyword penelusuran tersebut.

Untuk mendapatkan rekomendasi dari penelusuran tersebut kalian harus mengisi judul dan meta data atau label pada vidio tersebut dengan keyword yang berkaitan dengan topik tersebut.

Dari Hasil Vidio yang Ditonton Sebelumnya

Cara kerja ini tidak jauh berbeda dengan cara kerja yang saya sampaikan tadi di judul "Dari Hasil Penelusuran" dimana vidio kalian akan mendapatkan relevanitas dengan vidio yang ditonton oleh penonton vidio anda sebelumnya.

Jika vidio tersebut sama dengan topik konten vidio kalian yang sebelumnya maka vidio tersebut akan muncul di rekomendasi. 

Lokasi Geo Admin Saluran dan Geo Pengguna

Lokasi tempat keduanya berada adalah faktor paling terakhir karena ini juga penting karena relevanitas pada bahasa yang mereka gunakan. Tetapi tidak menutup kemungkinan vidio international pun bisa masuk pada rekomendasi sesuai topik yang sering dicari oleh penonton.

Faktor Pengaruh Langsung Algoritma

Ada Beberapa Faktor yang mempengaruhi faktor secara langsung diantaranya : Rasio Klik Tayang, Jam Waktu Tonton Publik, dan Jumlah Vidio Yang Ditonton Subscriber yang telah saya jelaskan diatas.

Dengan rasio klik tayang memungkinkan anda untuk menambah waktu tonton publik dan juga waktu tonton subscriber. Telah disebutkan tadi bahwa kalian perlu membumbui dengan klik bait yang membuat para penonton mengkliknya. 

Sederhananya adalah ketika kalian mendapatkan klik tentunya waktu tonton vidio kalian akan bertambah bukan. Tetapi buatlah klik bait yang tidak begitu berlebihan dan menipu para penonton karena itu akan berdampak buruk bagi saluran kalian.

Buatlah klik bait sesuai dengan apa yang ada pada dalam isi vidio kalian dan jangan membuat pengharapan palsu pada klik bait dan juga vidio. Jika klik bait dengan vidio tidak sesuai atau menipu itu adalah sebuah pelanggaran yang mungkin akan di tindak lanjuti oleh youtube.

Kalian juga bisa melihat data satatistik dari rasio klik dan juga jumlah tayangan publik dari ketiga faktor tersebut di bilah dasbor kalian.

Bagaimana Algoritma Youtube Bekerja dan Alasan Vidio Youtube Kalian Tidak Ada View

Didalam gambar tersebut kita bisa lihat bahwa statistik tersebut merujuk pada Tayangan, Rasio klik, Penayangan dari tayangan, Durasi tonton, dan Waktu tonton dari tayangan.

Berikut adalah penjelasan dari macam - macam statistik diatas:

Tayangan

Maksud dari tabel statistik tayangan adalah jumlah dari seberapa banyak vidio kalian di tampilkan dalam pencarian atau hasil penayangan dari rekomendasi beranda. Dalam hal ini tentunya yang ditampilkan dalam rekomendasi beranda atau hasil penelusuran adalah tumbnail dan juga judul pada bagian vidio kalian.

Asal Lalu Lintas Penayangan

Dimana saja youtube memberikan rekomendasi pada para calon penonton pada tayangan tumbnail vidio kalian. Lalu lintas tersebut adalah penayangan hasil penelusuran, penayangan rekomendasi beranda, dan rekomendasi dari bilah kanan dari vidio yang sedang mereka tonton.

CTR Atau Rasio Klik Tayangan

Seberapa banyak dan sering para calon penonton atau penonton yang melihat tumbnail anda muncul di rekomendasi beranda.

Penayang dari tayangan 

Seberapa banyak penonton yang mentonton karena sering melihat vidio kalian karena selalu atau sering melihat vidio kalian yang lain di youtube.

Waktu Tonton Dari Tayangan

Waktu tonton adalah seberapa lama penonton menonton vidio kalian dengan mengklik tumbnail kalian atau dari hasil penelusuran.

Kesimpulan Cara Kerja Algoritma Youtube

Disini saya menyimpulkan bahwa faktor dari pada naiknya konten kita pada algoritma tersebut secara garis besar dari hasil penayangan penelusuran, dari hasil klik pada vidio kalian, dan juga hasil dari jumlah waktu yang dihasilkan penonton vidio konten kalian.

Ada banyak cara untuk meningkatkan saluran kalian di algoritma youtube dan saya akan menjelaskannya di artikel berikutnya. 

Agar kalian mendapatkan tips dan triknya saya akan memberikan cara - cara untuk mendapatkan lebih banyak tayangan dari rekomendasi youtube.