Cara Memasang SSL di Namecheap dengan Benar Pada Situs Web

Syartupas.Com - Cara install ssl di cpanel hosting namecheap jelas menggunakan kode csr dan diakhir kita bisa cek ssl yang sudah terpasang dengan ssl checker.

Memasang SSL (Secure Sockets Layer) memang tidak begitu sulit, hanya saja setiap network panel sedikit berbeda beda cara memasangnya. 

Agar menghindari dari masalah pemasangan SSL kalian harus sekali berhasil karena jika tidak berhasil dalam pemasangan pertama bisa bisa kalian akan kesulitan dalam memasangnya.

Disini saya akan fokus pada pemasangan SSL (Secure Sockets Layer) di network Namecheap, karena setiap network akan sedikit berbeda dalam hal menginstalan atau pemasangan SSL (Secure Sockets Layer).

sebelum lanjut ke tutorialnya saya akan menjelaskan sedikit tentang SSL

Apa itu SSL ?

SSL atau Secure Sockect Layer adalah sebuah teknologi yang di khususkan untuk merenkripsi suatu web atau situs antara browser dan server pada web yang menciptakan keamanan pada sambungan browser pengguna. 

Hal ini berguna agar data data penting pengguna web browser seperti Kartu Kredit, Nomer Ktp, dan data pribadi lainnya yang bersifat tertutup tidak bocor pada orang yang tidak bertanggung jawab.

SSL Juga berguna untuk meningkatkan keamanan situs kalian hal ini sangat penting selain demi keamanan, SSL juga berguna untuk mengamankan data data pengunjung.

Kemarin saya sempat gagal waktu pemasangan pada SSL di network Namecheap dan berakibat trouble pada SLL sehingga sulit untuk di pasang di domain web saya untuk kedua kalinya.

Setelah itu saya menghubungi CS (Customer Service) SSL untuk memperbaiki SSL dan memasangkannya melalui CS.

Tetapi hal itu sangat berbeda jika dibandingkan dengan di pasang oleh sendiri. Ketika saya ingin menambahkan sub domain lalu memasang lagi SSL lagi pada subdomain terjadi masalah lagi dan akhirnya saya menghubungi CSnya lagi.

Jadi Tutorial ini sangat penting agar pengalaman buruk saya dalam memasang SSL pada network namecheap tidak terulang pada kalian. 

Memang ada tutorial memasang SSL di situs resmi Namecheap tetapi memakai bahasa inggris dan cukup sulit di mengerti sekalipun memakai translate. Kalian pasti tau bahwa di translate banyak kata kata yang kurang tetap sehingga sulit untuk di mengerti.

Cara mengaktifkan/memasang sertifikat SSL

Jika kalian sudah membeli SSL tentunya harus memanfaatkannya dengan cara memasangnya pada website agar kalian mendapatkan teknologi keamanan yang mumpuni.

Dalam pemasangan SSL terdapat langkah - langkah yang harus kalian lakukan dengan baik hal ini tentunya kalian harus memahami setiap langkah - langkahnya dan saya akan memberikannya dengan sangat detail.

Untuk permulaan kalian harus memahami dan melaksanakan beberapa langkah:

Pertama, kalian harus mendapatkan kode CSR.

Kedua, memasang Kode CSR yang sudah di tandatangani oleh penyedia sebagai aktivasi SSL kalian.

Ketiga, Tingal kalian menunggu validasi pada SSL kalian.

Terakhir, Kalian masuk ke server hosting untuk memasang SSL pada domain kalian.

Itu adalah petunjuk permulaan pada tutorial pemasangan SSL Kalian akan mendapatkan tutorial rinci yang saya tulis di bawah sini.

1. Cara mendapatkan Kode CSR

Jika kalian belum tau kode CSR di bawah ini adalah contoh kode CSR:

Cara Memasang SSL di Namecheap dengan Benar Pada Situs Web

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kode CSR

Pertama, mendapatkan kode CSR dengan manual. 

Jika kalian ingin mendapatkan kode CSR dengan manual atau membuat sendiri kalian harus mempunyai aksi web server sendiri.

Tetapi Prosesnya lumayan rumit dan membutuhkan waktu beberapa menit dan kalian harus lebih memahami tentang web server dan panel kontrol dengan hatam agar proses ini berjalan lancar.

Jika kalian ingin mendapatkan kode CSR secara manual kalian bisa menggunakan Kontrol panel lewat CPANEL.

1. Masuk ke kontrol panel atau Cpanel kalian.

2. Cari panel kontrol bertuliskan SSL/TLS.

Gambar. SSL/TLS

3. Setelah itu kalian isi pada bagian ini untuk mendapatkan kode CSRnya:
    Setelah kalian selesai melakukan pengisian datanya kalian slide ke bawah dan klik generate.

4. Selanjutnya kalian akan di pindahkan pada menu atau halaman baru, kalian akan mendapatkan sebuah encoded CSR nah itu adalah kode CSR yang kalian sudah buat.

5. Klik bagian yang sudah di tandai untuk mendapatkan kode dari CSR.

6. Setelah itu kalian bisa memasukan kode CSR untuk pengaktifan pada penyedia SSL.

7. Kita akan melakukan tahap selanjutnya untuk pengaktifan SSL.

Catatan: ada beberapa Cpanel atau kontrol panel yang tidak bisa mendapatkan encoded CSR dengan manual jika kalian masih kesulitan memasang atau mendapatkan kode CSR untuk bisa pengaktifan SSL lebih lanjut saya sarankan agar menghubungi Costumer Service pada penyedianya.

2. Memasang Kode CSR pada SSL

Pertama, Kalian dapat melakukan aktifasi lebih lanjut, kalian masuk pada menu utama namecheap.

Setelah kalian membuka lankah yang di atas yang kalian harus lakukan selanjutnya.

- Masukan kode CSR yang kalian sudah dapatkan pada kolom aktivasi.

- Selanjutnya tinggal kalian isi sesuai dengan data yang kalian miliki seperti Servernya dan lain lain.

- Jika Aktivasi sudah selesai dan valid akan ada tampilan seperti ini:


Perlu diketahui untuk cacatan gambar di atas hanya untuk sertifikat dari OV.

Setelah itu kalian dapat melakukan langkah terakhir yaitu validasi.

Sampai sini kalian hanya perlu menunggu hingga status sertifikat valid dan berwarna biru.

Jika kalian masih bingung untuk tutorial ini saya menyarankan untuk menghubungi CS (costumer service) mereka akan membantu kalian sampai penginstalan SSL berhasil dan terkadang si csnya yang masangin atau yang menginstal SSL kalian guys jadi gak perlu khawatir buat kalian pemula.