Cara Membuat Blockchain Uang Digital (Crypto) di Node.js JavaScript

Syartupas.Com - Tidak pernah terpikirkan oleh kita bagaimana cara membuat mata uang digital bukan, sering disebut dengan Cryptocurrency atau mata uang digital dimana uang ini di buat hanya untuk transaksi melalui online, banyak jenis mata uang digital seperti BTC, XRP, Binance Coin, blockchain dan masih banyak lagi.

Mungkin sebagian orang berpikir untuk apa mereka menciptakan mata uang ini pedahal mata uang yang resmi beredar secara fisik oleh negara pun masih mendapatkan nilai tinggi dan bisa menjadi uang untuk bertransaksi di online bukan.

Tujuan orang yang membuat mata uang digital atau Cryptocurrency bertujuan untuk bertransaksi secara global dengan satu mata uang artinya kita tidak perlu menukarkan mata uang untuk berbelanja di toko luar negri.

Tapi tidak sedikit orang yang memiliki pemikiran bahwa uang digital ini bertujuan untuk kepentingan sebuah bisnis dan merosotkan ekonomi dunia dan mencapai tujuannya menjadi elite global yang mengatur sistem ekonomi global.

Memang benar di jaman sekarang ini banyak orang yang turun ke bisnis online dari mulai menambang mata uang digital seperti BTC hingga membuat mata uang digital itu sendiri. Bahkan ada seorang penambang BTC di wawancarai oleh sebuah Channel Tv yang mengatakan bahwa dirinya mendapatkan 200-300 juta Rupiah perbulannya, Wah bukan nilai yang kecil untuk kita yang memiliki gaji di bawah UMR ya.

Kenaikan dan Penurunan Mata Uang Digital

Sebelumnya teknologi mata uang digital Blockchain telah booming di dunia. Blockchain menjadi primadona bagi segelintir orang yang pintar dalam dunia digital sehingga mereka mendapatkan keuntungan dari adanya teknologi blockchain ini.

Teknologi Blockchain menjadi salah satu teknologi yang dapat dikembangkan secara sederhana sehingga peningkatan pada teknologi ini menjadi efisien. Mendorong keamanan yang membuktikan bahwa blockchain adalah teknologi modern.

Secara alami blockchain memang di kembangkan dalam bahasa pemprograman Pyton yang mutlak, tetapi banyak orang yang menyederhanakan teknologi ini dengan teknologi Node.js JavaScript sehingga teknologi ini lebih sederhana meskipun tidak terlalu menampilkan kesan mewah.

Dalam Tutorial ini saya akan memberikan suatu cara membuat Blockchain Cryptocurrency secara simple atau sederhana tidak akan terkesan mewah karena ini memakai pemrograman yang di sederhanakan oleh JavaScript di Node.js.

Sebut saja pemrograman atau pembuatan ini dengan nama blockchain simple.

Jika salah satu diantara kalian adalah seorang pengembang atau seorang programer khususnya di JavaScript yang ingin banting stir pada Blockchain atau cryptocurrency ini akan menjadi bekal untuk kalian dan mungkin tidak akan sulit untuk pembuatan blockchain ini.

Mungkin artikel saya ini akan membantu kalian yang baru terjun di bidang Cryptocurrency, Sehingga pertanyaan pertanyaan akan terbahas tuntas di artikel saya ini.

Agar eksekusi ini berhasil ada hal yang perlu kalian penuhi syarat ini sebagai berikut:

  • Aplikasi Node.Js harus terinstal di komputer anda, jika belum ada kalian bisa mengunduhnya disini

  • Dan Terinstal editor kode agar memudahkan kalian mengedit kode tanpa merusak kode tersebut, kalian bisa memakai Notepad++, Visual Studio kode, Sublime text.

Mengenal Blockchain Cryptocurrency

Blockchain adalah teknologi modern mata uang digital yang mengandalkan crypto dan menjadi nilai bagi mata uang ini. Blockchain berkerja seperti mata uang digital lainnya dan sejenis dengan BTC dan lainnya.

Mata uang digital atau Cryptocurrency menyimpan data transaksi dengan tabel atau perhitungan memakai crypto. Hal itu juga berdampak terhadap nilai mata uang ini yang terus menerus naek turun sesuai nilai transaksi yang di lakukan oleh para klien.

Setiap transaksi per-to-per masuk pada data crypto sehingga data ini menyimpan semua data peserta atau klien data itu seperti jual beli atau pertukaran uang dan kepemilikan uang tersebut.

Mata uang digital ini adalah teknologi yang berbuku besar bagi publik yang terus menerus berkembang hingga saat ini. Selain itu Cryptocurrency ini sangatlah mendominasi kekereatifan sehingga menjadi pasar distribusi yang inofatif.

Cara kerjanya pun sangat simple dengan menyimpan semua data data penting transaksi yang membuat ekosistem rantai sehingga menjadi tumbuh dan berkembang seiring jumlah transaksi yang dilakukan.

Selain data transaksi yang memakai crypto, setiap angka transaksi yang mengarah ke block dapat berisi hash kriptografik. Jejak digital dalam sebuah angka acak menjadi jarak keamanan untuk transaksi yang autentikasi atau terjamin keasliannya.

Kita ilustrasikan bahwa setiap pada blok itu akan mengarah kepada blok sebelumnya dan jika ada blok yang tidak memiliki hash dimasukan pada ekosistemnya dari blok terakhir, itu akan membuat semua rantai blok tidak akan valid hal itu dikarenakan blok ini dibuat sebagai properti keamanan yang mutlak.

Ada banyak protokol yang harus di setujui oleh para perserta yang menjadi landasan keaman sitem ini. Sehingga peraturan yang di buat bertujuan agar menjaga keaslian blockchain. Perjanjian ini untuk memastikan semua peserta menaati sistem dan bertransaksi sesuai dengan jaringan yang telah divalidasi.

Disebut dengan protokol konsensus ini bekerja agar dapat dibuktikan sebagai bukti kerja, yang bertujuan untuk mendapatkan bilangan yang dapat menjadi solusi yang terhadap bilangan yang rumit tetapi sangat mudah di verifikasi.

Dalam hal ini tentunya akan menjadi langkah awal agar para peserta siap untuk menemukan angka sulit di jaringan blockchain ini sehingga identifikasi angka yang sulit ditemukan tetapi sangat cepat diverifikasi. Dan hasilnya ini dapat mencegah rusaknya struktur blockchain dan mencegah dari spamming.

Kasusnya sebagian besar setiap mata uang digital atau cryptocurrency ini, akibatnya jika ingin menambahkan blok baru ke sistem blockchain harus memakai persamaan pada bilangan yang sangat rumit dan kompleks, setiap seiringnya waktu berjalan pertumbuhan blockchain dari setiap transaksi akan semankin sulit untuk membuktikan bahwa mereka menyelesaikan pemecah masalah bilangan yang kompleks itu sehingga mendapatkan kompensasi berupa saldo blockchain uang mata digital yang sering di sebut dengan menambang.

Membuat Blok Coin Smash

Untuk membuat blok kita harus sedikit mengenal tentang konsep konsepnya. Agar berjalan mulus kita hanya perlu menemukan script - script yang sesuai untuk membuat blok, tapi tenang saja semua script saya akan sediakan untuk kalian semua.

Seperti saya katakan tadi di atas bahwa blok adalah salah satu bentukan yang saling terkait sehingga sembentuk blokchain.

Script ini menggunakan JavaScript untuk pemrogramannya, ini adalah script untuk membuat blok pada blockchainnya:

Cara Membuat Blockchain Uang Digital (Crypto) di Node.js JavaScript

Klik disini untuk mendapatkan script blok tersebut.

Di dalam script itu saya membuat blok kelas dengan menambahkan kontruksi dengan kode (constructor()) itu dilakukan seperti dilakukan pada JavaScript seperti biasanya, setelah itu saya memberikan inisial properti dan menerapkan kode construktor.

Kalian bisa lihat kode seperti index, timetamp, data, dan precedinghash memiliki pengertiannya masing - masing berikut penjelasannya:

  • Index kode ini memiliki fungsi untuk mengindex atau melacak semua posisi blok yang ada di blockchain dengan nomor uniknya.

  • Timestamp selalu menyimpan catatan waktu transaksi di blockchain.

  • Data berfungsi menyimpan catatan transaksi yang lebih rinci dan detail seperti pengiriman penerimaan dan jumlah yang di transaksikan.

  • Precedihash kode ini sangat penting karena memiliki tugas sebagai penunjuk dari hash ke blok sebelumnya sehingga memiliki integritas tinggi untuk menjaga blockchain.

Selanjutnya kalian bisa memakai computehash untuk menghitung hash dari blok sesuai properti yang ada.

Lalu impor file dari javascript crypto-js langsung ke crypto-js/sha256, lalu kalian bisa memakai modul penghitungan memakai kode string atau kalian bisa ganti tostring() dengan string tadi.

Buka npm lalu masukan printah ini:

Klik disini untuk mengkopi kode

Setelah kalian sudah memasukan perintah ini kalian masukan ke folder proyek kalian yang ada di direktory modul node yang berisi file file penting.

Membuat blockchain

Sepeti yang saya sudah jelaskan blockchain membentuk ekosistem rantai sehingga semua elemen saling ketertarikan satu sama lain. Mari kita buat struktur penyangga utama dalam blockchain ini.

Ini adalah kode untuk pembuatan blockchainnya.

Klik disini untuk mengkopi kode

Oke saya akan sedikit menjelaskan tentang peran masing masing helpernya:

  1. Cara pembuatan, disini saya melakukan pembuatan blockchain di dalam kontruktor tersebut yang mengarah ke array blok. Dan saya menuruskan pada kode startgenesisblock dan membuat blok awal dari ekosistem rantai.

  2. Membuat genesis pada blok, tinggal kalian lihat parameter yang mengacu pada index, timestamp, data, dan precedihash itu adalah salah satu agar bisa terciptanya genesis blok.

  3. Memperoleh blok baru, gunakan kode obtainlatestblok untuk mendapatkan blok baru.

  4. Menambahkan blok baru, dengan cara addnewblok untuk menambahkan blok baru kerantai.

Langkah Pengujian Blockchain

Untuk memulai pengujian saya memakai script sebagai berikut:

Klik disini untuk mengkopi script

Seperti yang kalian lihat saya memakai script ini untuk menjadi objek parameter data dan menambahkan detail yang rinci seperti data pengirim, penerima berikut jumlah kuantitas transaksi.

Itu adalah penampakan objek yang berisikan blockchain, array yang berisikan semua blok pada rantai ekosistemnya.

Setiap blok berdalih pada blok sebelumnya yang sudah saya katakan tadi di awal - awal.

Setelah pengujian berhasil kalian bisa menambahkan fungsi untuk menambahkan beberapa fitur lainnya.

Memverifikasi Integritas Blockchain pada smash

Tambahkan  checkchainvalidity untuk memverifikasi integritas blockchain.

Ini adalah kodenya:

Kopi kode disini

Menambahkan Bukti kerja autentikasi

Ini akan menjadi awal meningkatnya tingkat kesulitan dalam menambang karena harus menambah blok baru dengan kredible. Saya membuat seakan - akan algoritma menjadi mudah dan lebih sederhana mencegah seseorang membuat spam yang merusak dari pada rantai blockchain.

Saya menggunakan metode profofwork dasar algoritma sederhana melanjukan pada sesi dificulty properti. Sehingga hasil blok menjadi nol sesuai level dari pada kode ini.

Selanjutnya kalian bisa menambahkan nonce  untuk nilai acak ke setiap blok di hashnya, mungkin kalian akan sedikit kesulitan di sesi ini, tapi tenang dengan script yang saya berikan akan memungkinkan dan kesulitan dapat terpenuhi.

ini kode tersebut:

Kopi kode disini

Selanjutnya kode compute hashnya 

Kopi script disini

Selain itu dalam mekanisme kerjannya, dalam menambahkan blok baru kalian masukan kode ini:

Kopi kode disini

Berikut adalah keseluruhan kode tersebut:


klik disini

Jika saya menjalankan blockchain saya pada terminal berikut output yang keluar:

Seperti yang kalian lihat sendiri bukti hash sekarang dimulai dari 4 angka 0, itu menandakan tingkat kesulitan sesuai dengan bidikan yang ditetapkan di mekanisme awal tadi.

Itu dia adalah cara membangun sebuah blockchain dari awal, tentu saja hal ini belumlah selesai masih ada banyak tahapan untuk mengerjekan semua ini.

Saya hanya memberikan dasar dasar untuk kalian bisa pahami tentang cara kerja mata uang digital. dengan ini kalian mempunyai dasar untuk terjun di dunia crypto currency yang sangat mendebarkan ini. so makasih sudah membaca artikel saya jika ada pertanyaan kalian bisa komentar di bawah sini.