Ide Bisnis Rental Wifi Hotspot

Syartupas.Com - Dijaman serba online sekarang ini sangat banyak orang yang bergantung pada internet sehingga pasar pada penjualan kuota data meningkat. Mengingat harga yang paket data yang di tawarkan oleh operator cukup menguras isi dompet ini menunjukan bahwa ada peluang usaha dalam bisnis internet ini.

Tidak sedikit juga banyak orang - orang yang merentalkan wifi hostspot, dengan harga beragam dari Rp. 2000/jam sampai 3000/jam. Cukup menggiurkan bagi segelintir orang yang mempunyai rumah strategis yang berada di depat jalan raya dan depan sekolahan.

Bisnis ini akan di minati oleh anak anak muda yang sering online di media sosial apalagi anak muda yang doyan main game.

Memulai Buka Rental Wifi Hotspot

Untuk memulai ide bisnis rental hotspot ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan sehingga tidak akan ada kerugian atau gulung ikar setelah membuka bisnis rental wifi ini.

Ide Bisnis Rental Wifi Hotspot

Apa sajakah yang harus di perharikan ?

  1. Tempat, untuk memulai ide bisnis rental wifi hotspot ini kita harus memiliki sebuah tempat yang benar benar strategis untuk bisa memulai bisnis ini. Tempat juga sangat berpotensi pada perkembangan bisnis yang saya sebutkan tadi. Tempat strategis menjadi faktor awal yang bisa kita jadikan referensi untuk memulai bisnis ini. Tempat yang bagai manakah yang bagus untuk rental wifi:

    - Tempat depan jalan raya, jika kalian membuka usaha ini di depan jalan raya kemungkinan akan ramai karena di depan jalan raya akan banyak orang yang akan mengetahui bisnis yang kita bangun.

    - Tempat depan sekolahan, nah apabila di dekat sekolahan juga akan menjadi faktor larisnya rental ini karena pasti anak sekolahan akan tertarik pada internet apalagi rentalnya cukup murah di banding dengan kuota data dari operator.

    - Tempat ngopi, Nah jika kalian membuat atau membangun bisnis rental wifi tepat di tempat ngopi atau kalian punya tempat ngopi lalu membangun ide usaha rental wifi ini justru akan menjadi kunci larisnya pada rental wifi ini. 

  2. Memiliki alat untuk membangun bisnis ini setidaknya kamu mempunyai alat seperti mikrotik, accespoint dan kabel utp

  3. Berlayanan paket internet yang di sediakan oleh telkom, biznet, wifi.id dll.

Kegunaan Alat Mickrotik, Accespoint, Kabel UTP, dan Layanan Internet

Memang cukup banyak perlengkapan yang harus kita miliki sebagai dasar untuk membangun ide bisnis rental wifi ini. Mungkin modal awal untuk membangun ide bisnis ini sekitar -+ 2jutaan tetapi tenang saja modal akan kembali paa waktu yang singkat jika lokasi anda benar benar strategis.

Perlengkapan apa sajakah yang harus kita miliki ?

Mikrotik, alat ini berfungsi untuk mengatur semua lalu lintar jaringan internet kepada konsumen dan alat untuk memenegemen sebuah jaringan. Kita akan membuat sebuah terminal jaringan untuk para konsumen perental wifi sehingga, mereka yang ingin mendapatkan atau merental wifi akan mendapatkan akun wifi yang kita buat sedemikian rupa. 

Hal ini berfungsi agar semua melakukan pembayaran untuk rental wifi. Jadi jika kita hanya memakai modem bawaan dari layanan internet pusat tentunya password wifi akan mudah di pakai orang lain meskipun tidak membayar. 

Tetapi tidak jika memakai mikrotik, jika memakai mikrotik kita bisa membuat akun Costum untuk mereka yang sudah merental wifi tersebut sehingga kita tidak perlu memakai password untuk jaringan wifi karena kita sudah mengcover melalui mikrotik dan mereka yang masuk pada jaringan wifi kita akan otomatis beralih pada halaman login yang hanya di miliki oleh perental yang sudah membayar dan kita sediakan akun tersebut secara manual.

Accespoint, Jika alat tadi berfungsi untuk memenegemen pemakaian perental, accesspoint ini berguna untuk memancarkan jaringan wifi lebih jauh sehingga dapat digunakan dalam jarak yang lebih jauh.

Kabel UTP, alat ini hanyalah tambahan karena jika kita memakai accespoint tentunya kita harus meletakan di atas dan lebih baiknya juga kita meletakan accespoint di atas genting.

Layanan Internet, Untuk bisa membangun rental wifi tentunya syarat ini adalah syarat yang paling utama. 

Jika kalian ingin membangun wifi rental dengan jumlah lebih dari 30 orang saya sarankan kalian memilih layanan internet dari wifi.id.

Jika kurang dari 30 orang perental, kalian bisa memakai wifi indihome berkecepatan 20mbps.

Jika kalia ingin merentalkan wifi kurang dari 15 kalian bisa memakai layanan internet paling murah yaitu indihome berkecepatan 10mbps. Tentunya ini adalah berikut porsi dari masing masing perental.

Bahan Bahan yang di perlukan

Sedikit saran dan rekomendasi buat kalian yang ingin membangun bisnis rental wifi. Alat ini adalah alat yang sudah saya pakai untuk membangun bisnis rental wifi. Alat yang saya rekomendasikan adalah alat yang biayanya paling terjangkau dari alat alat yang di butuhkan lainnya.

Mikrotik RB750, alat ini sekitar 900ribuan kalian bisa beli di shopee, lazada, dan bukalapak. Saya merekomendasikan karena tipe ini lumayan cukup bandel untuk di pakai oleh beberapa klien karena memiliki ram yang lumayan besar yaitu sekitar 512mb di banding tipe di bawahnya saya rekomendasikan ini, tipe ini bisa menampung sekitar 100 lebih penghotspot jadi tidak ada masalah saat di pakai 100 orangan.

TP LINK EAP 110 – 2,4 GHz, kedua saya rekomendasikan accespoint merk tp link eap 110. Saya merekomendasikan alat ini karena memiliki antena omni sehingga jaringan wifi bisa menyebar rata dan memiliki jangkawan lumayan luas hingga 300m jika di dalam ruangan dan bahkan jika di outdor bisa mencapai 2km. Harga alat tersebut sekitar 800ribuan untuk spesifikasinya kalian bisa kunjungi web resmi atau lihat di penjual online.

Kabel UTP Merk Belden, Nah untuk kabel sebenarnya kalian bebas memilih hanya saja jangan terlalu memakai yang murah karena itu akan berdampak pada kinerja ping jaringan yang tidak stabil. Saya merekomendasikan kabel ini karena sudah terbukti bahwa kabel ini sangat baik meskipun kabel berjarak 50m. Harga dari kabel ini sekitar 125ribu/20 meteran.

Untuk layanan internet kalian bebas memilih apa saja yang menurut anda itu akan mendapatkan keuntungan yang bagus. Tapi sudah saya jelaskan di atas layanan ini tergantung kalian akan merentalkan wifi pada berapa orang maksimalnya. Untuk pemakaian kurang dari 30 orang saya sarankan yang 10mbps pakai indihome jika 30lebih saya sarankan 20mbps atau lebih.

Mungkin itu saja yang dapat saya informasikan untuk kalian semoga artikel saya bisa menjadi pencerahan untuk memulai bisnis. 

Jika kalian ingin reques ide bisnis kalian bisa komen disini, dan untuk penjelasan yang kurang di mengerti kalian bisa juga memberikan komentar.